6/1/11

Taufik Hidayat Flypower – Bulutangkis.com Athlete of the Year 2010 Kategori Tunggal Putra Dewasa

Bulutangkis.com - Catatan prestasi bulutangkis Indonesia sepanjang tahun 2010 tidak begitu menggembirakan dan bisa dikatakan berada pada titik paling bawah sepanjang perjalanan bulutangkis Indonesia. 

Turnamen super series yang menjadi barometer prestasi bulutangkis dunia digelar sebanyak 12 kali dengan lima nomor pertandingan (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran), dengan total gelar juara yang diperebutkan sebanyak 60 gelar juara, Indonesia hanya mampu meraih dua gelar juara. Sony Dwi Kuncoro meraih satu gelar di Singapura Open Super Series 2010 dan Taufik Hidayat pada Perancis Open Super Series 2010. Sangat memprihatinkan. 

Di tengah paceklik gelar juara, ada sedikit yang menghibur bagi masyarakat bulutangkis Indonesia di akhir tahun 2010. Pasangan ganda putra, Markis Kido/ Hendra Setiawan mempersembahkan satu medali emas bagi Indonesia, dalam ajang Asian Games XVI 2010 di Guangzhou, China. Dan lagu Indonesia Raya pun berkumandang disertai berkibarnya sang merah putih di Guangzhou, China.

Walau prestasi bulutangkis Indonesia sedang memprihatinkan, Bulutangkis.com sebagai portal komunitas bulutangkis di Indonesia dengan dukungan dariFlypower dan Bakti Olahraga Djarum Foundation tidak tinggal diam. Bulutangkis.com bersama Flypower dan Bakti Olahraga Djarum Foundation mencoba mengambil inisiatif, membuat satu langkah kecil yang kami nilai positif berupa pemberian apresiasi atau reward kepada atlit-atlit bulutangkis Indonesia yang berprestasi sepanjang tahun 2010. Kami menilai di tengah minimnya prestasi bulutangkis Indonesia, para atlit bulutangkis Indonesia tetap berlatih keras tanpa kenal lelah. Dan perlu upaya pemberian apresiasi sebagai bentuk dorongan untuk lebih berprestasi lagi. 

Apresiasi yang akan kami berikan dengan melibatkan komunitas bulutangkis Indonesia untuk ikut melakukan penilaian terhadap atlit-atlit bulutangkis yang berprestasi. Guna membantu komunitas bulutangkis melihat prestasi atlit bulutangkis Indonesia, tidak lupa kami sertakan catatan prestasi atlit bulutangkis sepanjang tahun 2010. Catatan prestasi yang ada di tanah air berdasarkan kalender PBSI dan yang ada di dunia internasional sesuai kelender BWF. (Referensi:Catatan Pertama dan Catatan Kedua) 

Pemberian apresiasi atau pun reward kepada atlit-atlit bulutangkis dilakukan pada dua kelompok yaitu, Kelompok Dewasa (untuk atlit-atlit nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran) dan Kelompok Taruna atau U19 (untuk atlit-atlit nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran). Pemberian apresiasi kepada atlit-atlit bulutangkis untuk kelompok Taruna (U19) merupakan bentuk kepedulian dan harapan yang tinggi kepada mereka untuk siap melanjutkan langkah para seniornya pada kancah bulutangkis dunia. 



Penilaian Kelompok Dewasa 

Peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 dan Juara dunia 2005, Taufik Hidayat menjadi pilihan terbanyak sejumlah 121 pemilih untuk pebulutangkis terbaik di nomor tunggal putra. Setelah Taufik Hidayat, pebulutangkis PB Djarum, Andre Kurniawan Tedjono menjadi pilihan kedua dengan jumlah pemilih sebanyak 57 orang. Pemilih lainnya memilih nama-nama Simon Santoso, Sony Dwi Kuncoro, Dionysius Hayom Rumbaka, Alamsyah Yunus dan Fauzi Adnan. 

Flypower – Bulutangkis.com Athlete of The Year 2010 



Setelah melakukan penilaian atas pilihan para pengunjung Bulutangkis.com terhadap atlit-atlit bulutangkis Indonesia yang dianggap patut mendapatkan apresiasi atau pun reward sepanjang tahun 2010 maka ''Flypower – Bulutangkis.com Athlete of The Year 2010'' diberikan kepada atlit-atlit bulutangkis Indonesia sebagai berikut, 

Kelompok Dewasa 
Tunggal putra : Taufik Hidayat – PB SGS Elektrik Bandung 
Tunggal putri : Ana Rovita – PB Djarum Kudus 
Ganda putra : Markis Kido/Hendra Setiawan – PB Jaya Raya 
Ganda putri : Greysia Polii/Meiliana Jauhari – Pelatnas (PB Jaya Raya/PB Djarum Kudus) 
Ganda campuran :Nova Widianto/Liliyana Natsir – Pelatnas (PB Tangkas Alfamart) 

Kelompok Taruna (U19) 
Tunggal putra : Wisnu Yuli Prasetyo – PB Surya Baja 
Tunggal putri :Ganis Nur Ramadhani (PB. Pertamina) 
Ganda putra : Jones Ralfy Jansen/Dandi Prabudita – PB Djarum Kudus 
Ganda putri : Nurbeta Kwanrico/Gloria Emanuella Widjaja – PB Djarum Kudus 
Ganda campuran : Jones Ralfy Jansen/Nurbeta Kwanrico - PB Djarum Kudus 



http://www.bulutangkis.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=6989

No comments:

Post a Comment